SYARAT & KETENTUAN LAYANAN

Selamat Datang di PERIKSA.ID.
PERIKSA.ID adalah penyedia Integrated Information System berbasis cloud yang menjadi solusi untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan di Indonesia dan memiliki pengalaman dalam menciptakan, membangun, mengembangkan, dan mengelola mobile-based/web-based application system yang dapat terdiri atas antara lain executive dashboard, computerized physician, dan customized services yang dapat diakses melalui computer, tablet dan ponsel pintar dengan menggunakan koneksi internet yang dapat digunakan Pengguna.

PT Periksa Solusi Indonesia adalah perusahaan yang didirikan berdasarkan hukum Republik Indonesia berdasarkan Akta Pendirian PT Periksa Solusi Indonesia No. 01 tanggal 9 Maret 2018, dengan domisili hukum yang tetap di JL. Bina Asih II Cluster Vinitera B 11 RT 005/009, Kelurahan Jatiasih, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi, Jawa Barat 17423, sebagai pemilik Hak Kekayaan Intelektual dari aplikasi PERIKSA.ID yang terdaftar di Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual, Kementerian Hukum Republik Indonesia, (yang selanjutnya akan disingkat “Perusahaan”).

Pengguna adalah pengguna yang (i) berprofesi sebagai dokter praktik mandiri yang memiliki surat ijin praktik (SIP) dan terdaftar keanggotaannya di Ikatan Dokter Indonesia atau (i) Rumah Sakit berbadan hukum, dan/atau (iii) Klinik yang memiliki perijinan sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Layanan adalah Layanan yang diberikan melalui PERIKSA.ID antara lain Layanan penyimpanan dan pengelolaan rekam medis pasien, penyimpanan dan pengelolaan data pasien, manajemen tarif dan Layanan, manajemen asisten dokter/ operator, pengaturan antrean, dashboard monitoring, inventory management dan bahan medis, administrasi dsb.

Syarat & ketentuan Layanan yang ditetapkan di bawah ini (yang selanjutnya disebut sebagai “Syarat Dan Ketentuan Layanan”) mengatur Pengguna Layanan yang yang disediakan oleh [PERIKSA.ID. Pengguna disarankan membaca dengan seksama karena dapat berdampak kepada hak dan kewajiban Pengguna di bawah dan berdasarkan hukum.

Dengan mendaftar dan/atau menggunakan aplikasi PERIKSA.ID maka Pengguna dianggap telah membaca, mengerti, memahami, dan menyetujui semua isi dalam Syarat Dan Ketentuan Layanan. Penggunaan dan akses Pengguna ke Layanan memerlukan akun yang terhubung dengan akun Google dikondisikan pada persetujuan dan kepatuhan Pengguna dengan syarat-syarat yang berlaku.

Syarat Dan Ketentuan Layanan ini merupakan bentuk kesepakatan yang dituangkan dalam sebuah perjanjian yang sah antara Pengguna dengan aplikasi PERIKSA.ID. Jika Pengguna tidak menyetujui salah satu, sebagian, atau seluruh isi Syarat & Ketentuan, maka Pengguna tidak diperkenankan menggunakan Layanan di aplikasi PERIKSA.ID.

Perusahaan berhak untuk mengubah Syarat Dan Ketentuan Layanan ini dari waktu ke waktu dengan atau tanpa pemberitahuan sebelumnya kepada Pengguna. Pengguna mengakui dan menyetujui bahwa merupakan tanggung jawab Pengguna untuk meninjau Syarat Dan Ketentuan Layanan ini secara seksama dan berkala untuk mengetahui perubahan apapun. Dengan tetap mengakses dan menggunakan Layanan PERIKSA.ID , maka Pengguna dianggap menyetujui perubahan-perubahan dalam Syarat Dan Ketentuan Layanan ini.

PENDAFTARAN AKUN

  1. Sebelum menggunakan Layanan PERIKSA.ID, Pengguna diwajibkan untuk melakukan pendaftaran akun melalui website/ aplikasi Layanan PERIKSA.ID Pengguna wajib untuk menyampaikan informasi yang benar, tepat dan terbaru dari diri Pengguna sesuai Kebijakan Privasi.

  2. Dengan mendaftarkan diri Pengguna ke PERIKSA.IDPengguna menyetujui bahwa PERIKSA.ID berhak untuk menyimpan segala jenis data namun tidak terbatas pada rekam medis, data pasien, dan data Pengguna sebagai kebutuhan untuk perlindungan data dari kehilangan dan kerusakan, serta semata-mata untuk keperluan legal dan peningkatan kualitas Layanan PERIKSA.ID.

  3. Pengguna bertanggung jawab sepenuhnya atas akurasi dan kebaharuan informasi yang disediakan kepada Perusahaan. Data yang Pengguna sediakan akan disimpan di PERIKSA.ID dan hanya dapat diakses oleh Pengguna selaku:

    1. Dokter Praktik Mandiri yang memiliki surat ijin praktik (SIP) dan terdaftar keanggotaannya di Ikatan Dokter Indonesia, atau;
    2. Rumah Sakit berbadan hukum, dan/atau;
    3. Klinik, sebagai pemilik akun sah akun PERIKSA.ID
    Perusahaan tidak akan bagaimanapun bertanggung jawab dan/atau turut bertanggung jawab atas setiap kerugian yang diderita oleh Pengguna yang disebabkan oleh kegagalan Pengguna dalam memperbaharui informasi Pengguna melalui sistem Perusahaan.

  4. Pengguna dilarang untuk mengungkapkan informasi login Pengguna kepada pihak ketiga manapun, kecuali apabila diperlukan berdasarkan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku (yang mana hal tersebut harus disampaikan kepada Perusahaan secara tertulis dengan segera). Pengguna setuju untuk menanggung setiap resiko terkait pengungkapan informasi login Pengguna kepada pihak ketiga manapun dan bertanggung jawab secara penuh atas setiap konsekuensi yang berkaitan dengan itu.

KETENTUAN PENGGUNAAAN LAYANAN

  1. Pengguna hanya diperbolehkan menggunakan akun PERIKSA.ID ketika Pengguna telah mendaftar dan dikonfirmasi oleh admin PERIKSA.ID melalui email. Setelah Pengguna berhasil mendaftarkan diri, PERIKSA.ID akan memberikan Pengguna suatu akun yang dapat diakses dengan kata sandi yang Pengguna pilih, yang berisi seluruh layanan-layanan PERIKSA.ID untuk pengelolaan operasional PERIKSA.ID
  2. Untuk dapat mengakses seluruh layanan PERIKSA.ID dalam jangka waktu berkelanjutan, Pengguna akan diwajibkan untuk melakukan pembayaran biaya berlangganan/subskripsi sesuai dengan ketentuan yang telah dibuat oleh pihak PERIKSA.ID .
  3. Biaya berlangganan/subskripsi setelah dibayarkan, memiliki makna bahwa Pengguna telah bersedia untuk menggunakan PERIKSA.ID sesuai dengan Syarat Dan Ketentuan Layanan ini.
  4. Biaya subskripsi yang tercantum pada detail pembelian/billing merupakan jumlah pasti atau nett, sehingga Pengguna akan melakukan pembayaran sesuai dengan jumlah yang telah ditetapkan dan tidak adanya sistem refund apabila terjadi kesalahan yang dilakukan dari Pengguna.
  5. Pengguna memahami dan setuju bahwa apabila tidak melanjutkan berlangganan/ membayar biaya subskripsi maka PERIKSA.ID berhak melakukan pembatasan akses, penghentian akses, bagi sebagian maupun seluruh fitur layanan yang diberikan oleh PERIKSA.ID. Untuk mendapatkan kembali akses menyeluruh, Pengguna harus kembali melanjutkan berlangganan PERIKSA.ID.
  6. Seluruh layanan yang diberikan oleh PERIKSA.ID tersebut dapat berubah dari waktu ke waktu sebagaimana Perusahaan memperbaiki, memodifikasi dan menambahkan fitur tambahan lainnya. Perusahaan dapat menghentikan, menangguhkan, merubah, atau menghilangkan Layanan pada setiap waktu tanpa adanya pemberitahuan kepada Pengguna. Penggunaan Pengguna secara berkelanjutan atas PERIKSA.ID setelah modifikasi, variasi dan/atau perubahan atas Ketentuan Penggunaan merupakan persetujuan dan penerimaan Pengguna atas modifikasi, variasi dan/atau perubahan tersebut.
  7. Pengguna memahami dan setuju bahwa penggunaan akun dan pengoperasian PERIKSA.ID oleh Pengguna, menunjukkan bahwa Pengguna akan tunduk dan menyatakan persetujuannya untuk terikat pada Syarat Dan Ketentuan Layanan ini.
  8. Mohon melaporkan segera kepada Perusahaan jika Pengguna tidak lagi memiliki kontrol atas akun Pengguna, sebagai contoh akun Pengguna dengan cara bagaimanapun diretas (hack) atau telepon Pengguna dicuri, sehingga Perusahaan dapat membatalkan akun Pengguna dengan sebagaimana mestinya. Mohon diperhatikan bahwa Pengguna bertanggung jawab atas penggunaan akun Pengguna dan Pengguna mungkin dapat dimintakan tanggung jawabnya meskipun jika akun Pengguna tersebut disalahgunakan oleh orang lain.
  9. PERIKSA.ID berhak untuk membatasi atau menghentikan penggunaan akun PERIKSA.ID jika PERIKSA.ID memiliki alasan untuk mencurigai bahwa Pengguna sebagai pengguna telah melanggar ketentuan dalam Syarat Dan Ketentuan Layanan PERIKSA.ID, atau peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  10. Segala bentuk pemberitahuan, permintaan informasi atau komunikasi kepada atau tentang Pengguna akan dianggap telah diterima oleh Pengguna jika:
    1. PERIKSA.ID telah mengirimkan e-mail atau surat elektronik atau surat tertulis kepada Pengguna melalui alamat yang dicantumkan oleh Pengguna dalam akun PERIKSA.ID; atau
    2. Jika dianggap diperlukan oleh PERIKSA.ID, PERIKSA.ID memasang pengumuman baik yang bisa diakses secara umum ataupun terbatas pada akun PERIKSA.ID .

DATA

  1. Data dapat terdiri dari 2 yakni:

    1. data Pengguna yang digunakan untuk subskripsi atau PENDAFTARAN AKUN; dan/atau
    2. data pasien Pengguna yang merupakan data pasien yang menggunakan jasa layanan kesehatan Pengguna dan data tersebut didapatkan secara sah dengan tunduk pada ketentuan ayat 3 Pasal Kebijakan Privasi dibawah.

  2. Tunduk pada ketentuan PENDAFTARAN AKUN ayat (1), Pengguna memberikan hak kepada PERIKSA.ID untuk merekam atau menyimpan segala bentuk interaksi atau komunikasi antara pengguna dengan pasien secara otomatis. Pengguna dapat memberikan atau mengunggah deskripsi pribadi, foto, dan/atau termasuk diantaranya informasi tentang kesehatan pengguna, rekam medis, performa fisik dan mental, informasi penyakit dan disabilitas, ras, jenis kelamin, usia dan informasi sensitif lainnya. Segala data yang disimpan oleh PERIKSA.ID yang berasal dari interaksi ataupun komunikasi antara pengguna dengan pasien akan digunakan oleh PERIKSA.ID semata-mata untuk keperluan legal dan peningkatan kualitas PERIKSA.ID. PERIKSA.ID menjamin kerahasiaan data Pengguna dan tidak akan secara sengaja disebarluaskan oleh PERIKSA.ID kepada pihak ketiga manapun tanpa memperoleh persetujuan tertulis dari Pengguna sebelumnya.
  3. Adapun informasi-informasi lain yang secara otomatis diambil oleh PERIKSA.ID antara lain berupa informasi teknis, termasuk di dalamnya alamat Internet Protocol (IP address) yang digunakan oleh PC, laptop, tablet maupun perangkat lainnya untuk mengakses PERIKSA.ID, informasi login, jenis dan versi dari sistem operasi (operating system), zona waktu, lokasi, dan informasi kunjungan Pengguna, termasuk di dalamnya layanan dan jasa yang dilihat atau digunakan, waktu respon, informasi interaksi dan nomor telepon yang digunakan untuk dan oleh Pengguna.
  4. PERIKSA.ID akan menggunakan informasi teknis tersebut diatas untuk mengawasi dan menganalisa penggunaan layanan, untuk administrasi layanan secara teknis, untuk menambah fungsi dari layanan Perusahaan dan untuk memverifikasi apakah Pengguna sebagai pengguna memiliki otoritas yang diperlukan untuk memanfaatkan layanan sesuai permintaan Pengguna.
  5. PERIKSA.ID dapat mengumpulkan informasi personal yang dapat digunakan untuk menghubungi atau mengidentifikasi Pengguna. Informasi Personal adalah informasi yang dapat digunakan untuk termasuk namun tidak terbatas pada:
    1. menyediakan dan meningkatkan layanan Perusahaan;
    2. mengatur penggunaan layanan;
    3. lebih mengenal kebutuhan dan kepentingan Pengguna;
    4. untuk melakukan personalisasi dan meningkatkan pengalaman Pengguna, dan/atau;
    5. untuk menggunakan pembaharuan software dan pengumuman produk.
  6. PERIKSA.ID memiliki kewajiban untuk melindungi data Pengguna dan terikat pada suatu komitmen kerahasiaan selama periode berlangganan (subscription period) dan kewajiban tersebut akan otomatis gugur 6 (enam) bulan sejak Pengguna tidak lagi memperpanjang akun Layanan PERIKSA.ID dengan melakukan unsubscribe account.
  7. Pengguna setuju bahwa dalam hal diperlukan migrasi dan mengalihkan Data Pengguna dalam hal terjadinya merger, akuisisi, atau penjualan dari seluruh atau sebagian dari asset PERIKSA.ID tanpa memberikan pemberitahuan sebelumnya kepada Pengguna. PERIKSA.ID dapat dilakukan migrasi dan pengalihan data pengguna terkait dengan terjadinya hal tersebut diatas. Dalam hal ini PERIKSA.ID akan memastikan Layanan dapat diberikan sebagaimana mestinya.
  8. Sebagai suatu pengguna yang terdaftar, Pengguna dapat memeriksa, memperbaharui, memperbaiki atau menghapus Informasi Personal yang disediakan saat pendaftaran atau profil akun dengan merubah Pengaturan Akun. Dalam hal pabila Pengguna secara pribadi merubah informasi yang dapat diinformasikan, Pengguna dapat memperbaharui atau menghapusnya dengan melakukan perubahan pada Pengaturan Akun Pengguna. Perusahaan akan menyimpan salinan dari informasi Pengguna apabila dipersyaratkan oleh ketentuan yang berlaku.
  9. PERIKSA.ID hanya akan menyimpan informasi Pengguna selama akun Pengguna aktif atau sebagaimana yang PERIKSA.ID butuhkan untuk menyediakan Pengguna dengan layanan. Apabila Pengguna berniat untuk membatalkan akun Pengguna atau meminta PERIKSA.ID untuk tidak lagi menggunakan informasi Pengguna untuk memberikan Pengguna dengan pelayanan, Pengguna dapat menghapus akun Pengguna
  10. Pengguna dapat memberikan informasi mengenai nama, alamat, alamat surat elektronik, nomor telepon, informasi kartu kredit dan finansial. Pengguna memberikan hak kepada PERIKSA.ID untuk menyimpan serta menampilkannya dalam akun Pengguna serta dalam data PERIKSA.ID.

TANGGUNG JAWAB DAN GANTI RUGI

  1. Pengguna menyatakan dan menjamin bahwa Pengguna adalah dokter praktik mandiri yang memiliki surat ijin praktik (SIP) dan terdaftar keanggotaannya di Ikatan Dokter Indonesia atau rumah sakit atau klinik yang berbadan hukum dan telah memiliki perijinan yang diperlukan untuk beroperasi di wilayah hukum Republik Indonesia sesuai dengan peraturan hukum yang berlaku (yang pada saat Ketentuan ini dibuat adalah Peraturan Menteri Kesehatan No. 3 tahun 2020 tentang Klasifikasi dan Perizinan rumah sakit dan setiap perubahannya - apabila ada).
  2. Pengguna bertanggung jawab secara pribadi atas setiap aktivitas yang menggunakan akun Pengguna, untuk menjaga data Pengguna dan/atau data Pasien yang Pengguna lakukan kepada suatu pihak ketiga.
  3. Pengguna bertanggung jawab untuk menjaga kata sandi yang Pengguna gunakan untuk mengakses Layanan dan Pengguna sepakat untuk tidak memberitahukan kata sandi Pengguna kepada pihak ketiga manapun.
  4. Pengguna bertanggung jawab secara penuh atas keaslian, akurasi, kelengkapan dan/atau legalitas dari setiap jenis data yang Pengguna berikan kepada PERIKSA.ID. Pengguna berkewajiban untuk senantiasa memeriksa dan memberikan konfirmasi apakah data yang diberikan sudah benar.
  5. Pengguna secara tegas bertanggung jawab secara pribadi dan selanjutnya membela, mengganti rugi dan membebaskan Perusahaan dari setiap dan semua kewajiban, tuntutan atau kerugian yang timbul dari atau dengan cara apapun sehubungan dengan PERIKSA.ID (Pengguna atau Institusi Rumah Sakit Pengguna) dengan data pasien. Perusahaan tidak akan menjadi pihak dalam sengketa, negosiasi sengketa antara Pengguna dan pasien termasuk dalam hal terdapat pelanggaran dan/atau penyalahgunaan data pasien Pengguna secara tidak sah atau tindakan pelanggaran hukum lainnya, maka Pengguna akan bertanggung jawab dan berkewajiban untuk membela, melindungi dan mengganti rugi Perusahaan atas setiap tuntutan, klaim, gugatan, proses hukum, litigasi, atau apapun bentuknya termasuk kerugian konsekuensi (termasuk namun tidak terbatas kurangnya pendapatan/ revenue, pemulihan reputasi, pemulihan nama baik, hilangnya kesempatan, hilangnya keuntungan yang diproyeksikan, dan setiap kerugian yang bersifat tidak langsung) dan biaya proses hukum dan pengacara terkait pelanggaran oleh Pengguna tersebut.
  6. Pengguna menjamin akan melepaskan serta membebaskan PERIKSA.ID dari segala tuntutan apapun, jika PERIKSA.ID tidak dapat melaksanakan perintah dari Pengguna baik sebagian maupun seluruhnya karena kejadian-kejadian atau sebab-sebab di luar kekuasaan atau kemampuan PERIKSA.ID termasuk namun tidak terbatas pada segala gangguan virus komputer, keadaan kahar misal bencana alam, perang, huru-hara, pandemic, keadaan peralatan, sistem atau transmisi yang tidak berfungsi, gangguan listrik, gangguan telekomunikasi dan kebijakan pemerintah yang mempengaruhi Layanan PERIKSA.ID.
  7. Pengguna bertanggung jawab atas keamanan perangkat dan/atau Komputer Pengguna sendiri yang digunakan untuk mengakses PERIKSA.ID dengan secara wajar menjaga dan menyediakan memori penyimpanan yang cukup untuk mencegah setiap kegagalan atau gangguan atas setiap proses PERIKSA.ID yang disebabkan oleh kegagalan fungsi perangkat dan/atau Komputer Pengguna.
  8. Pengguna dengan sukarela tanpa paksaan telah memberikan sebagian hak akses dan pembukaan data pribadi kepada Layanan PERIKSA.ID untuk tujuan merekam atau menyimpan segala bentuk.
  9. Dengan menggunakan PERIKSA.ID ini, Pengguna setuju untuk membela, memberikan ganti rugi dan membebaskan Perusahaan, pemberi lisensi, afiliasi, dan masing-masing dari petugas, direktur, komisaris, karyawan, dari dan terhadap setiap semua klaim, biaya, kerusakan, kerugian, kewajiban dan biaya (termasuk biaya dan ongkos pengacara) yang timbul dari atau sehubungan dengan:
    1. Penggunaan Layanan dan/atau Akun PERIKSA.ID oleh Pengguna, hubungan Pengguna dengan sesama penyedia layanan kesehatan, pasien, mitra, pemasang iklan dan/atau sponsor;
    2. Pelanggaran atas atau tidak dipatuhinya salah satu Syarat Dan Ketentuan Layanan ini atau peraturan perundang-undangan yang berlaku, baik yang disebutkan secara tegas di sini atau tidak;

LARANGAN

Pengguna dapat menggunakan Layanan PERIKSA.ID hanya untuk tujuan yang sah. Pengguna tidak dapat menggunakan Layanan PERIKSA.ID dengan cara apa pun yang:

  1. melanggar hukum atau peraturan lokal, nasional maupun internasional yang berlaku;
  2. dengan cara apa pun, melanggar hukum atau melakukan penipuan, atau memiliki tujuan atau efek yang melanggar hukum atau menipu;
  3. merugikan individu atau entitas lain dengan cara apa pun;
  4. memperbanyak, menyalin, menjual, menjual kembali, atau mengeksploitasi bagian manapun dari Layanan, penggunaan Layanan, atau akses ke Layanan tanpa izin tertulis dari PERIKSA.ID ; atau
Pelanggaran atas hal-hal yang telah disebutkan di atas akan berakibat pada pemutusan akun secepatnya dan akan diproses ke ranah hukum.


HKI (HAK ATAS KEKAYAAN INTELEKTUAL)

  1. Pengguna memahami bahwa PERIKSA.ID dilindungi oleh Hak Kekayaan Intelektual termasuk termasuk nama dan logonya, kode, desain, teknologi, model bisnis, dilindungi oleh hak cipta, merek dan hak kekayaan intelektual lainnya yang tersedia berdasarkan hukum Republik Indonesia. Perusahaan (dan pihak yang memperoleh lisensi dari Perusahaan, jika berlaku) memiliki seluruh hak dan kepentingan atas PERIKSA.ID, termasuk seluruh hak kekayaan intelektual yang berhubungan dengannya.
  2. Persetujuan atas Syarat Dan Ketentuan Layanan ini tidak akan bagaimananapun dan dengan cara apapun dapat dianggap sebagai pemberian izin kepada Pengguna untuk menggunakan setiap hak kekayaan intelektual Perusahaan sebagaimana disebutkan di atas.

RETENSI DATA

Tunduk pada ketentuan DATA ayat (6), Pengguna sepakat bahwa PERIKSA.ID dapat menyimpan data Pengguna (data atau informasi yang oleh Pengguna dibagi atau dibuka kepada PERIKSA.ID atau yang PERIKSA.ID kumpulkan dari Pengguna, termasuk data pribadi Pengguna, baik pada saat Pengguna melakukan pendaftaran di aplikasi, mengakses aplikasi, maupun mempergunakan Layanan-Layanan pada aplikasi (selanjutnya disebut sebagai data)) di server database utama selama akun Pengguna aktif dan sampai dengan paling lama 5 (lima tahun) sejak tanggal dimana Pengguna tidak lagi memperpanjang Layanan PERIKSA.ID dengan melakukan unsubscribe account.

PENGHENTIAN LAYANAN

Pengguna setuju bahwa Perusahaan dapat, atas kebijakan Perusahaan sendiri, menangguhkan atau menghentikan akses Pengguna ke semua atau sebagian dari Layanan dan sumber daya Perusahaan dengan atau tanpa pemberitahuan dan karena alasan apa pun, termasuk, tanpa batasan, pelanggaran Syarat & Ketentuan ini. Setiap aktivitas yang dicurigai ilegal, curang (penipuan), penggunaan data illegal atau tidak wajar dapat menjadi alasan untuk mengakhiri hubungan Pengguna dan dapat dirujuk ke otoritas penegak hukum yang sesuai. Sebagai konsekuensi dari penangguhan atau penghentian, hak Pengguna untuk menggunakan Layanan PERIKSA.ID akan segera berhenti seketika.

PENOLAKAN JAMINAN

Layanan PERIKSA.ID dan semua elemennya disediakan atas dasar sebagaimana adanya tanpa jaminan apa pun, tersurat maupun tersirat. PERIKSA.ID tidak membuat jaminan atau pernyataan mengenai keakuratan Layanan. PERIKSA.ID tidak menjamin bahwa Layanan akan beroperasi atau bekerja tanpa terganggu atau bebas dari kesalahan, atau bahwa server basis data utama atau server host akan bebas dari virus atau kode berbahaya atau kesalahan tak terduga lainnya. PERIKSA.ID tidak membuat jaminan bahwa informasi yang disajikan pada Layanan merupakan informasi terkini atau akurat. Beberapa negara dan wilayah hukum tidak mengizinkan pembatasan pada jaminan, sehingga pembatasan di atas mungkin tidak berlaku bagi Pengguna. Hal tersebut di atas harus dilaksanakan hingga batas maksimal yang diizinkan oleh hukum yang berlaku.

BATASAN TANGGUNG JAWAB

  1. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa PERIKSA.ID tidak akan bertanggung jawab atas kerusakan langsung, tidak langsung, insidental, khusus, konsekuensial termasuk tetapi tidak terbatas, pada kerusakan untuk kehilangan keuntungan, penggunaan, bocornya data pasien Pengguna, atau kerugian tidak berwujud lainnya (bahkan jika PERIKSA.ID telah diberitahu tentang kemungkinan kerusakan tersebut), yang dihasilkan dari:
    1. penggunaan atau ketidakmampuan untuk menggunakan Layanan;
    2. akses tidak sah atau perubahan transmisi atau data Pengguna dan/atau data pasien Pengguna;
    3. atau hal lain yang berkaitan dengan Layanan.
  2. Tanpa mengesampingkan ketentuan ayat 1 Kebijakan Privasi, Pengguna setuju bahwa pasien Pengguna termasuk namun tidak terbatas pada kewajiban Pengguna atas kerahasiaan dan data proteksi atas informasi dan data pasien adalah sepenuhnya tanggung jawab Pengguna. PERUSAHAAN selaku pemilik PERIKSA.ID tidak akan memiliki hubungan dan tanggung jawab hukum apapun kepada pasien Pengguna dan tidak akan menerima pengalihan tanggung jawab dalam bentuk apapun sehubungan dengan data Pasien yang dibuka dan diberikan oleh Pengguna kedalam PERIKSA.ID.

KONTAK INFORMASI

Jika Pengguna memiliki pertanyaan, komentar atau masalah terkait Syarat Dan Ketentuan Layanan, silakan berkirim email ke support@periksa.id .

KEBIJAKAN PRIVASI

  1. Privasi Pengguna adalah hal yang sangat penting bagi PERUSAHAAN dan dilindungi sebagaimana ketentuan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 20 Tahun 2016 tentang Perlindungan Data Pribadi Dalam Sistem Elektronik dan/atau ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku lainnya. Pengguna Layanan tunduk pada Kebijakan Privasi PERIKSA.ID yang menjelaskan bagaimana PERIKSA.ID mengumpulkan dan menggunakan informasi pribadi Pengguna dan/atau penggunaan data pasien Pengguna untuk kepentingan Pengguna semata dengan tunduk selalu pada ketentuan ayat (2) Pasal Batasan Tanggung Jawab dan ayat (3) Pasal Kebijakan Privasi ini.
  2. Kebijakan Privasi ini (beserta syarat-syarat penggunaan sebagaimana tercantum dalam "Syarat Dan Ketentuan Layanan" dan informasi lain yang tercantum dalam PERIKSA.ID menetapkan dasar atas perolehan, pengumpulan, pengolahan, penganalisisan, penampilan, pembukaan, dan/atau segala bentuk pengelolaan yang terkait dengan data atau informasi yang Pengguna berikan kepada PERIKSA.ID.
  3. Dengan melakukan pendaftaran, Pengguna secara sukarela menyetujui untuk membuka informasi data dan menjamin bahwa dirinya telah memperoleh dan/atau memiliki kewenangan/otoritas untuk membuka dan/atau membagi data (data disclosure) sesuai ketentuan hukum yang berlaku dan telah memastikan adanya persetujuan/ perjanjian pengungkapan (disclosure agreement) dari pihak yang relevan (termasuk namun tidak terbatas terkait data diri dan data pasien) yang disampaikan ke Layanan PERIKSA.ID dan oleh karenanya Pengguna menerima Layanan dari PERIKSA.ID. Penerimaan tersebut berarti bahwa Pengguna telah menerima seluruh Ketentuan dengan tanpa syarat dan tanpa adanya pengecualian dan oleh karenanya sepakat untuk terikat oleh Ketentuan termasuk setiap amandemen atau perubahan yang mungkin dibuat oleh PERIKSA.ID atas Syarat Dan Ketentuan Layanan ini dikemudian hari.

HUKUM YANG BERLAKU DAN PENYELESAIAN SENGKETA

  1. Syarat Dan Ketentuan Layanan ini akan diatur, diartikan, dan diinterpretasikan berdasarkan hukum Republik Indonesia.
  2. Setiap sengketa, kontroversi atau perbedaan yang dapat timbul diantara Para Pihak atau terkait dengan atau sehubungan dengan Syarat Dan Ketentuan Layanan ini, atau mengenai konstruksi, pengakhiran, atau pelanggaran terhadap Syarat Dan Ketentuan Layanan ini, akan diselesaikan secara musyawarah untuk mencapai mufakat oleh Para Pihak. Apabila sengketa, kontroversi atau perbedaan tersebut tidak dapat diselesaikan dalam waktu 30 (tiga puluh) hari kerja sejak pemberitahuan tertulis diberitahukan kepada salah satu pihak kepada pihak lainnya, maka Para Pihak sepakat untuk memasukkan sengketa tersebut untuk diselesaikan melalui yurisdiksi eksklusif di Pengadilan Negeri Bekasi.

PENGAKHIRAN DAN PENGESAMPINGAN PASAL 1266 KITAB UNDANG UNDANG HUKUM PERDATA

  1. Akun Pengguna dapat ditutup karena hal-hal sebagai berikut:
    1. Permintaan oleh Pengguna untuk Penghentian Layanan;
    2. Kebijakan Layanan PERIKSA.ID berdasarkan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku; atau
    3. Keadaan Kahar terjadi selama 30 (tiga puluh) hari kalendar berturut-turut; dan/atau alasan sehubungan dengan Pemblokiran Akun.
  2. Dalam hal terjadi pengakhiran dengan alasan tersebut diatas, Para Pihak sepakat untuk mengesampingkan ketentuan Pasal 1266 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata yang mensyaratkan penetapan pengadilan untuk pengakhiran suatu perjanjian.

LAIN-LAIN

  1. Syarat Dan Ketentuan Layanan ini adalah keseluruhan perjanjian antara Para Pihak sehubungan dengan subyek dari Ketentuan ini dan akan menggantikan seluruh perjanjian atau pengaturan sebelumnya. Syarat Dan Ketentuan Layanan ini akan berlaku secara penuh dan mengikat sejak tanggal Pengguna menerima Ketentuan ini sampai Pengguna mengakhiri akun atau Perusahaan mengakhiri akun Pengguna di PERIKSA.ID.
  2. Apabila, pada setiap saat, suatu Syarat Dan Ketentuan Layanan ini terbukti menjadi atau menjadi illegal, tidak sah, atau tidak dapat dilaksanakan berdasarkan suatu hukum dari suatu jurisdiksi, tidak satupun legalitas, keabsahan atau pelaksaaan dari ketentuan lainnya terkena dampak atau menjadi tidak sah karenanya berdasarkan hukum dari suatu jurisdiksi.
  3. Pengguna tidak diperkenankan dan Pengguna sepakat untuk tidak mengalihkan setiap hak dan kewajiban yang Pengguna miliki berdasarkan Syarat Dan Ketentuan Layanan ini tanpa adanya persetujuan sebelumnya dari PERIKSA.ID. Perusahaaan memiliki hak untuk mengalihkan setiap hak dan kewajiban yang dimiliki berdasarkan Ketentuan ini kepada afiliasinya atau sehubungan dengan merger, akuisisi, reorganisasi perusahaan, atau penjualan seluruh atau sebagian besar asset tanpa memberikan pemberitahuan. Segala usaha lainnya untuk mengalihkan adalah batal.
  4. Layanan Perusahaan dapat diinterupsi oleh kejadian atau hal tertentu di luar kewenangan dan kontrol Perusahaan (Keadaan Kahar), termasuk namun tidak terbatas pada bencana alam, gangguan listrik, gangguan telekomunikasi, kebijakan pemerintah, dan hal-hal lainnya yang di luar kewenangan dan kontrol Perusahaan. Pengguna oleh karenanya setuju untuk melepaskan Perusahaan dari setiap klaim, jika Perusahaan tidak dapat memenuhi instruksi Pengguna melalui Akun PERIKSA.ID baik sebagian maupun seluruhnya karena Keadaan Kahar. Jika Keadaan Kahar terus berlanjut untuk jangka waktu lebih dari 30 (tiga puluh) hari kalendar berturut-turut Perusahaan dapat menutup Akun PERIKSA.ID Pengguna.
  5. Keselamatan dan keamanan online Pengguna merupakan hal terpenting bagi Perusahaan. Perusahaan memberlakukan standar keamanan yang wajar untuk melindungi data Pengguna yang sedang dalam proses pengiriman, ketika disimpan dan penggunaan Pengguna atas Akun PERIKSA.ID dan/atau Layanan PERIKSA.ID. Meskipun demikian, Perusahaan hendak menekankan kepada Pengguna bahwa tidak ada sistem yang tidak dapat ditembus dan hal ini dapat berakibat pada meningkatnya resiko atas informasi Pengguna dan penggunaan Akun PERIKSA.ID dan/atau Layanan PERIKSA.ID. Oleh karenanya, Pengguna setuju untuk melepaskan Perusahaan dari klaim apapun yang timbul sehubungan dengan virus, kerusakan, gangguan, atau bentuk lain dari gangguan sistem, termasuk akses tanpa otorisasi oleh pihak ketiga. Perusahaan menganjurkan Pengguna untuk memberitahu Perusahaan segera jikaPengguna mengalami gangguan sistem apapun sebagaimana disebutkan di atas sehingga Perusahaan dapat berusaha memperbaiki gangguan tersebut.

Dengan ini Pengguna telah membaca, memahami dan menyetujui hal-hal yang tercantum pada Syarat Dan Ketentuan Layanan yang ditetapkan oleh PERIKSA.ID , dan Pengguna tidak berkeberatan apabila PERIKSA.ID menggunakan data personal Pengguna berupa alamat e-mail/nomor handphone untuk kepentingan pengiriman informasi seperti newsletter, brosur, dan lain-lain.