Nikmatnya Makanan Sampah (Junk Food), Enak tapi Bahaya!

Kamis,  17 November 2022 16:03

Junk food alias ‘makanan sampah’ punya kesamaan: enak tetapi tidak baik untuk kesehatan. Bahaya junk food hadir dari kandungan utamanya yang berupa lemak jenuh, gula, dan garam, tetapi miskin nutrisi penting seperti vitamin dan mineral. Terlalu banyak makan junk food akan memberi berbagai dampak buruk pada kesehatan.

Bahaya Junk Food untuk Kesehatan

Terlalu sering mengkonsumsi junk food bisa menimbulkan berbagai efek jangka pendek seperti kenaikan berat badan, rasa lemas dan kurang bertenaga, serta kesulitan tidur. Kandungan karbohidrat dan gula berlebih dalam makanan semacam ini juga bisa membuat kadar gula darah menjadi kurang stabil. Hasilnya, Anda menjadi lebih mudah marah dan stres.

Bahaya junk food untuk jangka panjang adalah munculnya berbagai penyakit kronis karena penumpukan gula, sodium, dan lemak jenuh. Contohnya adalah diabetes tipe 2, penyakit jantung, obesitas, kolesterol tinggi, dan hipertensi. Kandungan gula yang tinggi juga bisa menyebabkan kerusakan gigi, apalagi jika kebiasaan makan junk food sudah dimulai sejak dini.

Kandungan sodium yang tinggi pada junk food bisa meningkatkan risiko sakit kepala. Konsumsi sodium berlebih juga membuat tubuh menahan air sebagai reaksi terhadap asupan garam. Akibatnya, bagian-bagian tubuh tertentu terlihat bengkak.

Apa yang Termasuk Junk Food?

Makanan yang termasuk junk food mengandung banyak gula dan lemak jenuh (misalnya digoreng dengan banyak minyak) tetapi miskin vitamin, mineral, serat, dan nutrisi penting lainnya. Contohnya antara lain gorengan, permen dan berbagai jajanan manis dalam kemasan, minuman kemasan manis seperti soda, dan makanan cepat saji. 

Dokter sebaiknya memberi edukasi terhadap pasien yang mengkonsumsi terlalu banyak junk food. Contohnya adalah memberi saran untuk mengurangi asupan junk food kecuali sesekali, atau mengganti junk food dengan versi lebih sehat, misalnya menghindari ayam goreng restoran cepat saji dan memilih memasak ayam dengan sedikit minyak serta banyak tambahan sayur.

Dengan Periksa.id, dokter dan tenaga kesehatan di faskes bisa mempelajari rekaman medis setiap pasien dengan mudah dan memberi saran yang tepat. Mulai dari menyampaikan bahaya junk food hingga menyarankan menu makanan sehat untuk setiap pasien, Periksa.id adalah solusi digital untuk manajemen faskes agar lebih efisien.

 

 

Follow us on:

Instagram: periksa.id

Facebook: periksa.id

LinkedIn: periksa.id

Youtube: Cerita Periksa

Berita Terkait

PT Periksa Solusi Indonesia

CoHive 101, Lot 36 - 37 Lt 6
Kawasan, Jl. Mega Kuningan Barat Jl. DR. Ide Anak Agung Gde Agung No.1, RT.5/RW.2, Kuningan, Kuningan Tim., Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12950

support@periksa.id

© 2021 All rights reserved. PT Periksa Solusi Indonesia