Bye Kertas, Anti Ribet Bikin CPPT dengan Periksa.id!

Senin,  29 Agustus 2022 14:25

 

Metadeskripsi: Singkirkan segala kerumitan pembuatan CPPT dengan EMR. Cari tahu lebih jauh tentang layanan EMR dari Periksa.id berikut ini!

Dari waktu ke waktu, teknologi kesehatan terus mengalami perkembangan. Tidak hanya dari segi peralatan yang digunakan dalam perawatan dan pemeriksaan pasien, tetapi juga dalam hal pembuatan CPPT (Catatan Perkembangan Pasien Terintegrasi). Kehadiran EMR (Electronic Medical Record) menjadi jawaban bagi Anda yang tak ingin dipersulit dengan pembuatan CPPT lewat cara lama.

Apa Isi CPPT dan Apa Saja Kegunaannya?

Sesuai dengan namanya, CPPT merupakan dokumen yang berisi perkembangan pasien yang sudah terintegrasi. CPPT biasanya dibuat dan diisi oleh tenaga kesehatan mulai dari dokter, perawat, ahli gizi, apoteker, dan lain sebagainya. CPPT dibuat dengan SOAP (Subjective, Objective, Assessment, dan Plan). 

  • Subjective. Informasi yang diperoleh dari pasien setelah pelayanan diberikan.
  • Objective. Informasi yang diperoleh dari hasil pengamatan setelah tindakan pemeriksaan dan pengamatan dilakukan oleh tenaga kesehatan terkait.
  • Assessment. Perbandingan antara informasi dari subjective dengan objective yang menghasilkan kesimpulan.
  • Plan. Rencana tindakan apa yang harus dilakukan sebagai penanganan yang akan dilakukan sesuai hasil assessment.

Di dalam CPPT, umumnya terdapat beberapa data penting mencakup identitas pasien, tanggal pemeriksaan, catatan klinis, dan nama tenaga kesehatan yang melakukan penanganan. Saat ini, data CPPT atau rekam medis umumnya dibuat dalam bentuk dokumen fisik yang dicetak dengan kertas.

Mengapa Harus Beralih ke EMR?

Saat ini, hampir semua sektor industri telah bergerak ke arah digital. EMR alias Electronic Medical Record dibuat dengan tujuan untuk memudahkan tenaga kesehatan dan pengelola fasilitas kesehatan untuk membuat data rekam medis pasien.

Penggunaan EMR berpeluang besar meningkatkan mutu layanan kesehatan karena proses pendataan menjadi lebih cepat, sistematis dan terintegrasi, mengurangi risiko terjadinya medical errors, dan menekan angka readmisi dan kematian pasien. Selain itu, EMR juga membantu menghindari pengulangan dokumentasi yang pada akhirnya akan meningkatkan produktivitas pusat layanan kesehatan dan menurunkan biaya perawatan.

Periksa.id sebagai penyedia Sistem Informasi Manajemen berbasis cloud siap membantu pengelola fasilitas kesehatan di berbagai daerah di Indonesia untuk membuat sistem CPPT online lewat EMR. Singkirkan segala kesulitan dan kerumitan Anda dalam mengelola data rekam medis pasien bersama Periksa.id!

 

 

Follow us on for more fun:

Instagram: https://www.instagram.com/periksa.id/

Berita Terkait

PT Periksa Solusi Indonesia

CoHive 101, Lot 36 - 37 Lt 6
Kawasan, Jl. Mega Kuningan Barat Jl. DR. Ide Anak Agung Gde Agung No.1, RT.5/RW.2, Kuningan, Kuningan Tim., Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12950

support@periksa.id

© 2021 All rights reserved. PT Periksa Solusi Indonesia