Kenapa Semua Faskes Wajib Menggunakan Electronic Medical Record?

Senin,  10 Oktober 2022 16:19

Metadeskripsi: Pemerintah semakin menggalakkan penggunaan EMR (Electronic Medical Record) di berbagai faskes di tanah air. Mengapa ini penting?

Perluasan implementasi EMR (Electronic Medical Record) bukan hanya menjadi tujuan dari penyedia layanan. Pemerintah juga secara aktif terus mendorong fasilitas kesehatan di seluruh Indonesia untuk menerapkan sistem rekam medis elektronik ini. Kemudahan, efisiensi serta akurasi tinggi yang dimiliki EMR adalah kunci peningkatan pelayanan kesehatan di negara ini.

Lewat Permenkes No. 21 Tahun 2020 mengenai Rencana Strategis Kementerian Kesehatan Tahun 2020-2024 tentang rekam medis disampaikan bahwa:

  • Sistem rekam medis elektronik atau smart care terus dikembangkan agar data rekam medis pasien bisa saling dipertukarkan antara rumah sakit demi mendukung perawatan pasien tersebut
  • Pemanfaatan teknologi dan beragam inovasi dalam dunia kesehatan terus dilakukan. Ini mencakup perluasan sistem rujukan online, termasuk untuk faskes swasta, memperluas jangkauan dan pengembangan layanan telemedicine dan digitalisasi data rekam medis pasien lewat sistem EMR yang terintegrasi.

Lewat Permenkes, pemerintah berharap agar faskes yang menerapkan EMR bisa terintegrasi 100% sehingga layanan kepada pasien semakin optimal.

Mengapa Faskes Wajib Mengimplementasikan Electronic Medical Record?

Pandemi yang melanda beberapa tahun ke belakang memberikan guncangan yang cukup keras bagi industri kesehatan kita. Banyak rumah sakit dan klinik yang kewalahan dan tidak sedikit pasien yang gagal mendapatkan penanganan yang seharusnya. Sistem EMR diharapkan akan memberikan jalan baru bagi peningkatan kualitas layanan faskes.  Mengapa implementasi EMR perlu dilakukan oleh faskes di seluruh Indonesia ?

Memberikan Pandangan yang Komprehensif Terkait Pasien

Penyedia layanan kesehatan harus berusaha untuk memiliki catatan dinamis yang berpusat pada pasien. Dengan begitu pelacakan berkelanjutan perawatan selama masa hidup orang tersebut baik dalam kondisi sakit atau sehat bisa diketahui. Memiliki catatan tunggal yang berkelanjutan agar memberikan pandangan holistik kesehatan secara keseluruhan untuk diagnosis yang lebih baik dan perawatan seumur hidup.

Koordinasi yang Lebih Baik Antar Penyedia Layanan Kesehatan

Dengan catatan digital dokter akan lebih mudah mengoordinasikan dan melacak perawatan pasien di seluruh tempat praktik dan fasilitas kesehatan. Periksa.id misalnya, menawarkan layanan satu atap untuk berbagai kebutuhan rekam medis termasuk integrasi dengan berbagai aplikasi pendukung lain seperti LIS (Laboratory Information System), BPJS dan Antrean Online.

Ingin mengimplementasikan EMR dalam faskes Anda dan meningkatkan pelayanan? Hubungi Periksa.id sekarang juga!

Berita Terkait

PT Periksa Solusi Indonesia

CoHive 101, Lot 36 - 37 Lt 6
Kawasan, Jl. Mega Kuningan Barat Jl. DR. Ide Anak Agung Gde Agung No.1, RT.5/RW.2, Kuningan, Kuningan Tim., Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12950

support@periksa.id

© 2021 All rights reserved. PT Periksa Solusi Indonesia