Pahami Work-Life Balance Demi Jaga Kesehatan Mental

Di era modern ini, tuntutan pekerjaan yang semakin tinggi dapat membuat seseorang sulit untuk menyeimbangkan antara kehidupan kerja dan kehidupan pribadi. Hal ini dapat berdampak negatif terhadap kesehatan mental seseorang. Salah satu faktor yang berperan penting dalam menjaga kesehatan mental adalah mencapai keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi, yang sering disebut sebagai work-life balance.

Apa itu Work-Life Balance?

Work-life balance adalah kondisi di mana seseorang dapat menyeimbangkan antara kehidupan kerja dan kehidupan pribadinya. Hal ini berarti seseorang dapat bekerja dengan baik dan produktif, serta memiliki waktu untuk melakukan kegiatan di luar pekerjaan, seperti menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman, melakukan hobi, atau sekadar beristirahat. Maka dari itu, aspek utama dalam tercapainya work-life balance adalah keseimbangan waktu.

Pentingnya Work-Life Balance untuk Menjaga Kesehatan Mental

Salah satu dampak negatif dari tidak seimbangnya antara pekerjaan dan kehidupan pribadi adalah peningkatan stres. Hal ini karena adanya jam kerja yang tinggi. Keadaan stres kronis bisa meningkatkan penyakit mental seperti: 

  • Depresi
  • Gangguan kecemasan
  • Gangguan emosi
  • Insomnia

Maka dari itu, kesehatan mental yang baik sangat penting untuk menunjang kualitas hidup seseorang. 

Cara Mencapai Work-Life Balance

Ada beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menjaga work-life balance, antara lain:

  1. Mengatur jam kerja

Atur jam kerja yang teratur dan sesuai dengan kemampuanmu. Hindari bekerja terlalu lama atau lembur berlebihan. Luangkan waktu untuk beristirahat dan memulihkan energi setelah bekerja.

  1. Membagi waktu dengan prioritas

Tentukan hal-hal yang paling penting dalam hidupmu, baik itu pekerjaan, keluarga, teman, hobi, atau lainnya. Prioritaskan waktu dan energimu sesuai dengan nilainya. Setelah mengetahui prioritas, Kamu dapat mulai mengatur waktu dan energi dengan lebih baik.

  1. Lakukan olahraga yang teratur

Olahraga dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan mood. Selain untuk mengurangi stres, olahraga juga dilakukan untuk menjaga tubuh tetap bugar. Luangkan waktu untuk berolahraga secara teratur, setidaknya 30 menit setiap hari. 

  1. Konsumsi makanan yang bergizi

Makanan yang bergizi dapat membantumu tetap sehat dan berenergi sehingga Kamu dapat bekerja lebih efektif. Pastikan mengonsumsi makanan yang kaya akan buah-buahan, sayuran, biji-bijian dan jangan lupa minum banyak air putih untuk menjaga hidrasi tubuh.

Work-life balance adalah hal yang penting untuk dijaga. Yuk, coba untuk mempunyai kehidupan yang lebih seimbang agar dapat menikmati kehidupan dengan lebih baik dan tidak tertekan!

Untuk info-info menarik lain seputar kesehatan, ikuti media sosial periksa.id yuk!

Instagram: periksa.id

Facebook: periksa.id

LinkedIn: periksa.id

Youtube: Cerita Periksa

Scroll to Top