Kenapa Semua Faskes Wajib Menggunakan Rekam Medis Elektronik?

Perluasan implementasi RME (Rekam Medis Elektronik) bukan hanya menjadi tujuan dari penyedia layanan. Pemerintah juga secara aktif terus mendorong fasilitas kesehatan di seluruh Indonesia untuk menerapkan sistem rekam medis elektronik ini. Kemudahan, efisiensi serta akurasi tinggi yang dimiliki RME adalah kunci peningkatan pelayanan kesehatan di negara ini.

Lewat Permenkes No. 21 Tahun 2020 mengenai Rencana Strategis Kementerian Kesehatan Tahun 2020-2024 tentang rekam medis disampaikan bahwa:

  • Sistem rekam medis elektronik atau smart care terus dikembangkan agar data rekam medis pasien bisa saling dipertukarkan antara rumah sakit demi mendukung perawatan pasien tersebut
  • Pemanfaatan teknologi dan beragam inovasi dalam dunia kesehatan terus dilakukan. Ini mencakup perluasan sistem rujukan online, termasuk untuk faskes swasta, memperluas jangkauan dan pengembangan layanan telemedicine dan digitalisasi data rekam medis pasien lewat sistem RME yang terintegrasi.

Lewat Permenkes, pemerintah berharap agar faskes yang menerapkan RME bisa terintegrasi 100% sehingga layanan kepada pasien semakin optimal.

Mengapa Faskes Wajib Mengimplementasikan Rekam Medis Elektronik?

Pandemi yang melanda beberapa tahun ke belakang memberikan guncangan yang cukup keras bagi industri kesehatan kita. Banyak rumah sakit dan klinik yang kewalahan dan tidak sedikit pasien yang gagal mendapatkan penanganan yang seharusnya. Sistem RME diharapkan akan memberikan jalan baru bagi peningkatan kualitas layanan faskes.  Mengapa implementasi RME perlu dilakukan oleh faskes di seluruh Indonesia ?

Memberikan Pandangan yang Komprehensif Terkait Pasien

Penyedia layanan kesehatan harus berusaha untuk memiliki catatan dinamis yang berpusat pada pasien. Dengan begitu pelacakan berkelanjutan perawatan selama masa hidup orang tersebut baik dalam kondisi sakit atau sehat bisa diketahui. Memiliki catatan tunggal yang berkelanjutan agar memberikan pandangan holistik kesehatan secara keseluruhan untuk diagnosis yang lebih baik dan perawatan seumur hidup.

Koordinasi yang Lebih Baik Antar Penyedia Layanan Kesehatan

Dengan catatan digital dokter akan lebih mudah mengoordinasikan dan melacak perawatan pasien di seluruh tempat praktik dan fasilitas kesehatan. Periksa.id misalnya, menawarkan layanan satu atap untuk berbagai kebutuhan rekam medis termasuk integrasi dengan berbagai aplikasi pendukung lain seperti LIS (Laboratory Information System), BPJS dan Antrean Online.

Ingin mengimplementasikan RME dalam faskes Anda dan meningkatkan pelayanan? Hubungi Periksa.id sekarang juga!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top