Financial Stable atau Mentally Stable, Mana Lebih Penting?

Keuangan yang stabil akan memberi rasa aman dan ketenangan pikiran, yang berpengaruh pada kestabilan kesehatan mental seseorang. Namun, terkadang finansial yang berkecukupan tidak selalu menjamin kesehatan mental. Ada banyak hal yang bisa mempengaruhi kesehatan mental seseorang. Oleh karena itu, lakukan konsultasi offline atau konsultasi online dengan psikiater.

Seseorang yang memiliki kestabilan finansial, bisa saja mengalami depresi yang dipicu oleh hal lain, di luar masalah keuangan. Jika sudah demikian, gangguan kesehatan mental ini tentu harus segera diatasi agar tidak mengganggu aktivitas harian kamu . Lalu, bagaimana cara menjaga kesehatan mental? Simak dalam ulasan berikut.

8 Cara Menjaga Kesehatan Mental

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kondisi mental tetap sehat. Mulai dari melakukan treatment sendiri di rumah hingga mencari bantuan tenaga kesehatan berkompeten melalui konsultasi online. Berikut ulasan lengkapnya:

Kelola stres dengan bijak

Kamu bisa mengelola stres dengan cara berjalan santai di luar ruangan, mendengarkan musik, nonton film, atau menulis keseharianmu di sebuah buku harian. Dengan demikian, stres kamu dapat tersalurkan dengan baik dan berganti dengan energi positif.

Hargai diri sendiri

Mulailah dengan melakukan aktivitas yang bisa membuatmu merasa bahagia. Perlakukan dan lihat diri sendiri dengan pandangan yang positif. Itulah cara kamu menghargai diri sendiri

Akui perasaan dan emosi negatif

Kamu perlu mengenali dan mengakui perasaan atau emosi negatif, seperti rasa sedih, kecewa, dan marah. Setelah itu, redakan emosi negatif tersebut dengan melakukan kegiatan positif.

Tetapkan tujuan yang realistis

Target yang terlalu tinggi dan tidak realistis, akan membuat kamu tertekan dan memicu stres. Oleh karena itu, tetapkan tujuan yang realistis untuk membuat hidupmu jadi lebih terarah.

Sayangi tubuh sendiri

Miliki tidur yang cukup dan mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang. Lengkapi pola hidup sehat kamu dengan rutin berolahraga.

Memelihara hubungan baik dengan orang lain

Seseorang yang memiliki hubungan sosial baik, terbukti lebih dapat mengontrol stresnya. Ia juga lebih mampu dalam memelihara kesehatan fisik dan mentalnya.

Bantu orang lain

Melakukan kegiatan sukarela dapat membuatmu merasa lebih berguna, menghindarkan dari rasa kesepian, dan memperbaiki suasana hati.

Konsultasi online dengan psikiater

Jika merasa ada yang salah dengan kesehatan mental kamu, segera cari bantuan. Kamu bisa berkonsultasi dengan psikiater melalui telemedicine/ fitur konsultasi online dengan dokter di Periksa.id.

Kestabilan finansial dan kesehatan mental, merupakan dua hal yang bisa saling mempengaruhi. Meski demikian, menjaga kesehatan mental lebih utama dilakukan, karena dapat mempengaruhi berbagai aspek kehidupan.

Ingin tahu seberapa sehat mental kamu? Yuk, lakukan konsultasi online dengan tenaga kesehatan melalui fitur telemedicine di Periksa.id!


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top